Meningkatkan Peringkat Website Pada Hasil Pencarian Google

Meningkatkan Peringkat Website Pada Hasil Pencarian Google – Meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google bisa dikatakan bukan hal yang mudah bagi pemilik web atau blog.

Namun jika sudah benar benar paham tentang cara optimasi SEO yang sesuai dengan ketentuan dari hasil penjelajahan bot Google, maka meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian google bisa dilakukan dengan mudah meski masih berupa domain baru.

Umur sebuah domain tidak berpengaruh sepenuhnya dalam meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google, sebab algoritma yang dipakai mesin pencari Google saat ini lebih mengutamakan kuantitas serta kualitas konten yang ada pada web, serta seberapa relevan isi dari sebuah konten yang telah diterbitkan di internet.

Faktor Utama Dalam Meningkatkan Peringkat Website Pada Hasil Pencarian Google

Ada beberapa faktor utama meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian google yang benar benar harus diperhatikan, yakni:

  1. Nama Domain atau Permalink URL

Untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google, maka nama domain serta permalink URL akan sangat berpengaruh khususnya jika anda menargetkan keyword yang spesifik ketika membuat konten atau pencarian pengunjung organik.

Apabila keyword atau kata kunci yang anda targetkan tertera pada nama domain, maka akan lebih diperhitungkan oleh mesin pencari Google ketika melakukan indeks halaman website serta menampilkan hasil pencarian.

  1. Backlink

Backlink yang dikenal sebagai inbound link juga menjadi faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian google.

Backlink adalah link rujukan ke halaman suatu website, jika halaman web tersebut memiliki isi konten relevan yang merujuk pada website anda, maka secara otomatis website anda akan ditampilkan dalam hasil pencarian kata kunci.

  1. Umur Domain

Meski memiliki pengaruh untuk meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian Google, akan tetapi pengaruhnya bisa dikatakan minim, kecuali jika sudah didukung dengan beberapa faktor lain.

  1. Kecepatan Halaman di Chrome

Google juga akan memakai data dari pengguna browser Google Chrome agar bisa memperoleh data mengenai kecepatan loading website, pemakaian CDN serta kecepatan web yang berhubungan dengan non HTML lain.

  1. Besaran Update Konten

Besarnya suntingan dan juga perubahan pada halaman website juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Menambahkan atau menghapus beberapa bagian tertentu dari halaman website akan jauh lebih berpengaruh jika dibandingkan hanya mengganti beberapa kata atau kalimat.

  1. Sejarah Kepemilikan Domain

Sejarah kepemilikan dari sebuah domain juga bisa berpengaruh pada SEO serta peringkat website. Beberapa situs untuk memeriksa kepemilikan situs seperti Who.is bisa memberikan informasi kepemilikan sebuah domain ke Google dan Google bisa saja melakukan reset history atau sejarah dari domain itu seperti menghilangkan backlink yang pernah merujuk ke domain itu.

  1. Exact Match Domain [EMD]

Untuk beberapa waktu yang lalu, Google memberikan penalty untuk situs dengan domain EMD. Akan tetapi ini hanya berlaku pada situs yang memiliki kualitas buruk saja. Apabila anda membangun sebuah website yang berkualitas baik serta konten berguna, maka EMD bisa tetap memberikan keuntungan dari segi SEO.

  1. Kata Kunci di Title Tag

Selain konten, title tag atau judul halaman sebuah website juga menjadi hal penting dalam urusan SEO. Title tag bisa sangat berpengaruh pada kekuatan SEO pada halaman website.

Tips Meningkatkan Peringkat Website Pada Hasil Pencarian Google

Ada beberapa cara dan tips yang sebenarnya bisa anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google, seperti berikut ini:

  1. Menambahkan Situs ke Google Search Console

Tool ini akan memperlihatkan tampilan situs anda pada mesin pencari serta memberi peringatan jika ada error yang terjadi. Untuk menambahkan situs ke Google Search Console, silahkan anda buka halaman ini lalu buat akun yang baru dengan akun Google anda. Kemudian silahkan klik Add a Property dan silahkan masukkan URL website.

Untuk menambahkan situs ke Google Search Console, klik Add lalu anda nantinya akan diarahkan pada layar untuk memverifikasi kepemilikan status. Akan ada banyak method yang bisa dipakai untuk memverifikasi situs, namun cara paling mudah adalah dengan memilih Alternate methods kemudian HTML tag.

Untuk verifikasi Google Search Console, silahkan anda salin kode yang ditampilkan lalu masuk ke dashboard WordPress dan tambahkan kode ke header memakai plugin yakni buka Plugins > Add New kemudian cari Insert Headers and Footers.

Install serta aktifkan plugin yang ditampilkan pada screenshot dengan cara buka plugin lewat Setting > Insert Headers and Footers. Paste kode ke box yang memiliki label Header kemudian klik Save dan terakhir silahkan anda buka Google Webmaster kembali kemudian klik Verify.

  1. Mengintegrasikan Google Analytics

Tool lain yang juga bisa anda pakai untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google adalah Google Analytics yang berfungsi untuk menampilkan sampai sejauh mana strategi SEO anda berhasil sekaligus menyediakan banyak panduan serta artikel yang berhubungan dengan cara meningkatkan peringkat website dan meningkatkan pengunjung website.

Untuk membuat akun, anda bisa membuka beranda utama Google Analytics kemudian daftar menjadi anggota. Lanjutkan dengan mencari kode tracking yang ada di bawah Tracking Info > Tracking Code lalu salin kode tersebut.

  1. Menambahkan Sitemap ke Google

Sitemap dipakai mesin pencari untuk melacak website yang anda miliki. Situs anda bisa tetap terlacak tanpa perlu menginstall Sitemap, namun dengan adanya Sitemap akan mempermudah mesin pencari untuk menganalisa data yang akan dicari pada situs anda.

Untuk itu, pastikan beberapa halaman tertentu yang tidak berkontribusi pada peningkatan SEO tidak dilacak oleh Google dan berikan juga perhatian yang lebih untuk halaman yang berkontribusi pada performa SEO. Apabila sekarang anda sedang memakai plugin Yoast SEO, maka anda bisa dengan mudah membuat serta menambahkan sitemap.

  1. Optimasi Website Versi Mobile

Optimasi website versi mobile menjadi tips meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Gyang paling krusial agar ranking website yang turun bisa anda hindari.

Tugas anda adalah untuk memudahkan pengunjung ke website anda lewat smartphone tanpa harus mengganggu kegiatan yang sedang mereka lakukan.

  1. Lakukan SEO Audit

Informasi yang minim tentang struktur informasi serta website bisa menggugurkan strategi SEO yang paling bagus sekalipun. Algoritma Google tidak terlalu menyukai website yang mempunyai navigasi terlalu rumit. Untuk itu, sebaiknya buat navigasi semudah mungkin untuk para pengunjung anda.

Untuk memulainya, anda dapat belajar tentang dasar dasar SEO. Jika sudah memahami dengan baik, maka nantinya anda juga akan memperoleh wawasan yang jauh lebih baik sekaligus memahami apa saja yang harus diperbaiki dari website anda.

  1. Lakukan Perbaikan Waktu Loading

Tips meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google selanjutnya adalah melakukan perbaikan waktu loading. Pastikan anda selalu memonitor kecepatan website yang anda miliki baik itu untuk desktop atau mobile.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading web, seperti:

  • Ukuran file gambar: Sebelum anda mengunggah gambar, maka anda bisa pakai tool seperti TinyPNG untuk memperkecil ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas gambar.
  • Script: Sebelum anda mengunggah file CSS dan JS ke website, maka sebaiknya periksa kembali apakah memang benar benar dibutuhkan sebab beberapa file tersebut bisa memperlambat loading website yang anda miliki. Jika memang mungkin sebaiknya merge beberapa script menjadi satu file saja.
  • Cache Browser: Saat browser menampilkan halaman web, maka browser akan memuat beberapa file dan file cache tersebut akan tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Saat pengunjung pindah ke laman baru, maka file cache tidak dimuat kembali sehingga sebaiknya aktifkan browser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke server atau hosting.
  • Perbaiki Kerusakan Link: Baik itu internal atau eksternal tetap akan berpengaruh pada peringkat website di hasil pencarian. Link yang rusak tersebut harus segera diperbaiki karena bisa berpengaruh pada pengalaman pengunjung website anda. Anda bisa memakai W3C Link Checker untuk memeriksa kerusakan link yang harus diperbaiki.
  • Buat Anchor Text yang Tepat: Meski terdengar sepele, namun anchor text akan berpengaruh pada SEO. Mempunyai anchor text yang sesuai sangat penting ketika ingin membangun link. Jika memang sesuai dengan link yang dituju, maka mesin pencari memperoleh sinyal positif mengenai website anda.
  1. Pakai Keyword Long Tail

Pemakaian keyword dalam situs terbagi menjadi dua yakni long tail dan juga short tail. Contoh dari keyword short tail adalah celana, handphone, baju dan sebagainya. Sementara contoh keyword long tail adalah baju muslim motif garis, celana panjang beludru warna biru, grosir aksesoris handphone dan lain sebagainya.

Agar bisa meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian google, maka anda bisa pakai keyword long tail yang tidak hanya memiliki tingkat kompetisi rendah namun juga terjangkau dalam segi budget.

  1. Perhatikan Keyword Density

Keyword density merupakan berapa kali pengulangan keyword pada sebuah halaman situs web. Contohnya ketika anda membuat konten artikel dengan keyword jasa SEO terbaik, maka pengulangan keyword ini harus bisa terlihat natural dan konten tetap nyaman dibaca pengguna.

Hindari mengulang keyword yang membuat pembaca merasa tidak nyaman karena robot mesin pencari seperti Google bisa mendeteksi hal ini dan akan berpengaruh buruk pada ranking website anda.

  1. Optimalkan Halaman Situs Web

Selain keyword, hal berikutnya yang harus anda pikirkan adalah judul, link serta meta description. Letakkan keyword tidak hanya untuk konten tulisan namun juga pada judul, link serta meta description sehingga ranking website yang anda miliki bisa meningkat.

  1. Pastikan Konten Shareable

Cara berikutnya untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google adalah memastikan jika konten yang anda buat shareable atau isinya akan membuat pembaca ingin membagikan pada orang lain.

Pastikan anda tidak menganggap remeh tentang sosial media, sebab sosial media dapat menyumbang banyak traffic ke situs website anda. Untuk itu, pastikan tombol share ke sosial media tersedia pada halaman situs web, judul yang bersifat engaging sangatlah penting, sertakan juga gambar atau infografik menarik sehingga meningkatkan peluang pembaca untuk membagikan konten tersebut.

  1. Perhatikan Kualitas Konten Anda

Mesin pencari seperti Google dapat mendeteksi apakah konten yang sudah anda buat berkualitas atau tidak. Jika isi halaman situs web anda semakin lengkap, maka akan memberikan pengaruh pada hasil pencarian organik atau SEO-nya. Untuk itu sebaiknya, posisikan diri anda sebagai pembaca sehingga bisa membuat konten yang informatif, edukatif sekaligus enak saat dibaca.

  1. Kecepatan Loading Halaman Web via HTML

Mesin pencari seperti  Google dan juga Bing memakai kecepatan loading halaman web yang digunakan sebagai salah satu faktor penentuan peringkat sebuah halaman. Crawler mesin pencari bisa mengestimasi berapa kecepatan sebuah halaman website melalui waktu respon kode halaman dan juga besarnya keseluruhan file yang dimuat saat mengakses halaman website tersebut.

  1. Plugin SEO WordPress

Faktor untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google berikutnya adalah plugin SEO WordPress. WordPress sendiri menawarkan begitu banyak fitur SEO built in yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan situs dengan cara meningkatkan SEO WordPress.  Sedangkan untuk plugin SEO terbaik dan banyak digunakan adalah Rankmath atau Yoast SEO.

Berbagai plugin tersebut tentunya bisa mempermudah anda ketika ingin mengoptimalkan halaman serta postingan dengan keyword yang sudah dipilih. Selain itu, plugin SEO umumnya juga menawarkan built in analysis berdasarkan update terbaru algoritma dan bahkan anda juga dapat membuat sitemap XML serta menambahkan schema markup ke situs.

Untuk menggunakan RankMath, anda bisa masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih plugins > add new. Pada kolom pencarian, silahkan anda ketik RankMath, kemudian klik Install Now di plugin. Lanjutkan dengan klik Activate, setelah muncul notifikasi anda sudah bisa mengaksesnya dengan klik ikon RankMath pada menu sebelah kiri.

  1. Riset Keyword

Dengan melakukan riset keyword, maka akan ada banyak hal yang anda dapatkan untuk memperngaruhi beberapa faktor dalam meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google, seperti:

  • Membuat konten yang paling banyak dicari pengunjung.
  • Memahami apa kebutuhan dan keinginan pasar dengan lebih baik.
  • Melacak keberhasilan konten yang sudah anda buat.
  • Memahami bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung website sekaligus meningkatkan traffic ke situs.

Ada banyak tool yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google dengan cara riset keyword seperrti SEMRush, Google Keyword Planner dan juga KWFinder. Meski postingan memang bisa ditulis berdasarkan riset keyword, namun ada beberapa hal mendasar yang juga harus anda ketahui, seperti:

  • Membuat daftar target keyword yang berhubungan dengan topik.
  • Memasukkan target keyword itu ke tool riset keyword untuk mencari keyword yang mempunyai volume pencarian tinggi namun dengan nilai daya saing yang rendah.
  • Riset kompetitor dengan browsing situs serupa lewat tool riset keyword untuk memeriksa keyword yang dimiliki kompetitor dan tentunya anda harus mencari keyword yang bisa memberikan banyak traffic ke situs kompetitor.
  • Mencari keyword milik kompetitor yang memiliki nilai saing rendah supaya anda bisa berkompetisi dengan mudah.
  1. Search Engine Visibility

Pada WordPress, ada pilihan built in yang keberadaannya disembunyikan situs anda dari mesin pencari. Pada proses awal pembuatan website, terdapat pilihan yang memang sangat berguna. Akan tetapi untuk berikutnya hanya akan mempegaruhi ranking situs. Jika beberapa tips sebelumnya sudah anda lakukan akan tetapi masih belum membuahkan hasil, maka kemungkinan search engine visibillity dalam kondisi mati.

Untuk memeriksa opsi visibility tersebut, silahkan anda buka Setting > Reading pada dashboard WordPress. Sesudah itu, scroll ke bawah dan anda akan menemukan bagian atau area yang dinamakan Search Engine Visibility tersebut.